Popular Post

Posted by : Unknown






Cara kita merawat badan ada dua macam, yaitu :
  • Merawat tubuh dengan luluran.
 Kita bisa menggunakan bedak mangir atau lulur, dicampur dengan sedikit air sebagaimana memakai masker jerawat pada kulit muka. Kalau sudah tercampur lalu digosokkan keseluruh tubuh beserta kedua kaki dan tangan. Biasanya memakai bedak mangir dapat dilakukan tiga kali dalam seminggu. Bagi remaja putri yang menjelang pernikahan baiknya memakai bedak mangir tiap akan tidur berturut-turut dalam satu minggu sebelum pernikahan.

Hasiat bedak mangir/lulur adalah :
Untuk membersihkan kotoran atau debu-debu kering yang menempel pada kulit yang menutupi pori-pori, juga untuk menyegarkan badan, menjadikan kulit kelihatan bersih, bercahaya rasanya segar dan sedap baunya :).
Sebab bedak mangur bahannya terdiri dari tepung beras yang berkhasiat untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit. Juga ada temugiring yang berkhasiat untuk menguningkan dan menghaluskan kulit. Juga ada kayu manis dan kayu mesoyi, berkhasiat untuk mengharumkan dan menyegarkan badan.

Untuk resep pembuatan bedak mangir atau lulur bahan dan cara membuatnya sama dengan membuat bedak obat jerawat. Hanya saja kalau bedak mangir ditambah dengan temu giring dan tidak memakai buah pinang. Temu giring gunanya untuk menguningkan kulit. Jadi kalau malam menjelang tidur, untuk muka memakai bedak obat jerawat, sedangkan untuk badan kita bisa menggunakan bedak mangir. Bangun tidur terus mandi dengan air dan sabun mandi. Kita hilangkan semua bedak-bedaknya. Kemudian mandi dengan air rempah-rempah.


  • Dengan jalan mandi rempah. 
Pertama kali kita sediakan air dingin 5 gayung atau kurang lebih 6 liter.
Siapkan :
  1. Pandan                     :   5 lembar.
  2. Jeruk purut               :   2 buah.
  3. Temu giring               :    ½ kg.
  4. Daun kemuning         :   ¼ kg.
  5. Daun serai                :   3 batang.
  6. Kayu manis              :   -+ 1 ons.

Cara membuat :
  1. Iris lembut pandan.
  2. Belah jeruk purut masing-masing menjadi dua.
  3. Kupas kulit temu giring lalu iris-iris kulitnya.
  4. Buang tangkai daun kemuning yang besar-besar
  5. Cuci bersih daun serai dan kayu manis.
  6. Semua bahan direbus dengan air 5 gayung sampai mendidih.
  7. Jika sudah mendidih angkat dan tuangkan air jerangan ke dalam ember mandi yang besar, yang sebelumnya sudah disaring dengan kain tipis dan dicampur dengan air dingin.
  8. Maka campuran air akan menjadi hangat dan suam-suam


Praktek Menggunakannya : 

Pertama kali mandi biasa, badan kita sabun yang bersih dengan sabun mandi. Boleh mandi dengan air dingin atau hangat. Kalau seluruh tubuh sudah dibersihkan dengan air bersih, dan sudah dihilangkan bekas sabunnya hingga kesat, maka langsung masuk dan berendamlah ke dalam ember mandi yang berisi air rempah-rempah tersebut. Lama berendam kurang lebih ¼ jam sembil seluruh tubuh kita sirami dengan air rempah-rempah. Kalau sudah cukup ¼ jam lamanya kita berendam, kita keluar dari air rendaman tersebut. Langsung tubuh badan kita keringkan memakai hantuk. Dan tidak usah dibilas dengan air biasa, niscaya tubuh kita akan terasa segar bugar, bercahaya serta berbau sedap dan harum.



Hasiat Mandi dengan air rempah-rempah : 

  1.  Memperlancar peredaran darah.
  2. Mengurangi berat badan.
  3. Mengobati badan/menghilangkan bau badan yang tidak enak.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © -RAMZ KPDE- - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -